CARA MENJADI SEORANG DESAIN GRAFIS YANG BAIK

Tags



Desain grafis adalah sebuah pekerjaan atau hobi atau sebuah keterampilan atau apapun sebutannya yang jelas desain grafis secara definisi umum berarti membuat atau mengolah suatu gambar secara digital berdasarkan ide dan ragam unsur sekitar tergantung bagaimana sudut pandang sang graphic designer untuk membuat orang lain terkesan atas karyanya.

Menjadi seorang creator dalam dunia desain grafis adalah bukan pekerjaan yang mudah, pada prinsipnya hal ini membutuhkan suatu kreatifitas dan insting terhadap apa yang dibuatnya.

Menurut pandangan saya sendiri ada beberapa hal yang sangat diperlukan oleh seorang creator desain untuk membuat suatu karya yang mampu dimengerti oleh orang lain dan pesan (moral) dalam gambar itu tersampaikan, saya sendiri adalah orang yang menggeluti dunia desain grafis dan saya tahu betul bagaimana cara seorang creator desain untuk mampu membuat sebuah karya yang baik.

Berikut ini saya akan sharing bagaimana cara untuk menjadi creator desain yang baik.

1. PERCAYA DIRI

Oke, Percaya diri bukan hal mudah untuk ditanamkan pada diri kalian. jadi buatlah suatu ketertarikan antara diri anda dengan dunia yang akan anda geluti yaitu Desain Grafis, caranya perbanyaklah mencari refrensi tentang desain grafis sehingga diri anda mengatakan ''saya menyukainya dan saya siap untuk mulai menekuninya''

2. REFRENSI

Yap, seperti pada poin pertama, refrensi sangatlah diperlukan tapi perlu di INGAT! bahwa refrensi bukanlah acuan kalian untuk membuat karya yang sama seperti itu. Namun jika hanya untuk berlatih menurut saya tidak masalah selagi tidak menyalahi hak cipta dengan mempostingnya.

3. IDE (IDEA)

Ini adalah bagian terpenting dari semuanya, IDE atau IDEA adalah suatu pemikiran yang muncul dari dalam diri kalian sendiri untuk membuat karya tersebut. "kalau cuma buat yang seperti itu saya juga bisa" , Oke, saya juga MUAK dengan ungkapan ini, ya benar sekali mereka yang berkata seperti itu adalah orang-orang yang FREAK!! kenapa saya bilang demikian, it's not the mains point dude! bukan itu poin utamanya, memang mudah untuk membuat yang SEPERTI ITU, tapi kalian para creator pasti mempunyai jawaban jika pertanyaannya adalah KENAPA SEPERTI ITU,
jadi ilustrasinya begini, jika ada sebuah gambar yang dihadapkan pada kalian, saya yakin 100% pasti kalian akan bisa menirunya, namun jika kalian diminta untuk membuat gambar di kertas ataupun layer kosong saya yakin dalam 30 menit kertas ataupun layer itu masih kosong. Itulah yang disebut IDE, saran dari saya perhatikanlah berbagai hal disekeliling kalian, karena semua itu bisa menjadi IDE anda.

4. KETENANGAN (MENYENDIRI)

untuk membuat desain saya membutuhkan ketenangan, itulah yang saya alami sendiri terlepas benar atau tidaknya pada creator-creator lain, sebab untuk membuat karya kita butuh berfikir untuk mengeluarkan ide-ide besar kita, nah, saya pribadi untuk mengeluarkan ide itu butuh tempat yang tenang dan nyaman bagi diri saya bahkan kadang kala musikpun saya perlukan. jadi pekerjaan ini bukan sebuah pekerjaan yang mengharuskan kalian berada disuatu tempat. kalian bebas berada dimana saja agar ide-ide besar kalian dapat tertuang dengan baik.

5. ALAT (SOFTWARE,HARDWARE,DLL)

pada poin ini saya juga masih sedikit kebingungan tentang "pada poin berapa seharusnya alat ini saya tempatkan" banyak yang bilang juga kepada saya bahwa jika kita memiliki semua poin 1 s.d 4 maka akan percuma jika kita tidak bisa mengaplikasikannya di sebuah aplikasi pengolah grafis, jadi teman-teman sikapi sendiri ya dimana seharusnya poin ini ditempatkan.

6. PERCAYA DIRI

Kenapa percaya diri lagi ?, ya, setelah semuanya dijalani maka yang perlu kalian lakukan adalah mempostingnya, mempublikasikannya, dll. jangan malu pada karya kalian sendiri, berusahalah untuk tetap bangga akan hasil karya kalian sendiri meskipun banyak diluar sana yang lebih dari kalian. be your self..

dan dibawah ini adalah karya yang saya buat dan akan saya sertakan alasannya :


KENAPA SAYA BUAT SEPERTI INI :

1. Orang akan cenderung membaca gambar terlebih dahulu sebelum membaca tulisan yang ada di dalam gambar itu.
2. Setelah ia tahu jika itu membentuk sebuah gajah maka akan muncul pertanyaan lagi, "kenapa gajah ?"
3. Lalu ia akan mencari jawaban itu di dalam kata yang membentuk seekor gajah yang ada pada gambar.
4. Terakhir ia akan tahu kesimpulannya, bahwa "gajah tersebut adalah gajah lampung dan merupakan ikon dari provinsi tersebut"

Terima Kasih..

jika ingin share sertakan info..budayakan menghargai tanpa menjatuhkan ya teman-teman..


EmoticonEmoticon